Segudang Manfaat Bawang Hitam bagi Kesehatan



Segudang Faedah Bawang Hitam untuk Kesehatan Umumnya dari kita mungkin asing dengan bawang hitam, walau sebenarnya ada bermacam faedahnya yang sayang untuk dilewati. Kecuali dari berwarna yang hitam, bawang ini mempunyai keunikan lain, yaitu teksturnya yang halus serta kenyal, rasa-rasanya yang manis serta asam.


Bawang hitam ialah dari hasil reaksi peragian bawang putih fresh yang tersimpan untuk temperatur 60–70 derajat Celsius sepanjang 30–40 hari. Perombakan warna, struktur, serta rasa-rasanya didapat dari reaksi peragian ini.


Faedah bawang hitam terbanyak didapat dari bermacam senyawa bioaktif didalamnya yang mempunyai karakter anti-oksidan, seperti polifenol, fenol, alkaloid, flavonoid, serta s-allylcysteine (SAC).


Disamping itu, bawang hitam memiliki kandungan bermacam gizi, seperti asam amino, karbohidrat, serat, zat besi, zinc, kalium, sulfur, magnesium, fosfor, kalsium, dan vitamin C, B1, B2, B3, serta B6.


Faedah Bawang Hitam

Di bawah ini ialah bermacam faedah bawang hitam yang dapat Anda dapatkan:


1. Mempertahankan kesehatan jantung


lampard bahas tentang transfer havertz Sama dengan bawang putih, bawang hitam mempunyai faedah dalam jaga serta tingkatkan kesehatan jantung dengan menolong turunkan hipertensi.


Disamping itu, bawang hitam dijumpai bisa menolong turunkan kandungan cholesterol serta lemak pada darah, hingga kurangi resiko Anda menanggung derita penyakit jantung koroner.


2. Menahan penyakit kanker


Karena kelompok senyawa bioaktifnya, bawang hitam diperhitungkan berguna untuk menahan penyakit kanker. Salah satunya riset yang sudah dikerjakan ialah faedah bawang hitam untuk kanker kolorektal.


Rutinitas anti-oksidan dari senyawa bioaktif ini sanggup menantang radikal bebas berlebihan pada tubuh yang mempunyai potensi mengakibatkan bertumbuhnya sel kanker.


3. Jaga peranan otak


Kecuali mencegah radikal bebas, anti-oksidan dalam bawang hitam dapat kurangi infeksi pada tubuh. Manfaat ini diperhitungkan berguna untuk tingkatkan peranan kognitif, yaitu kekuatan Anda dalam memikir, ingat, pecahkan permasalahan, serta memutuskan.


Konsumsi makanan kaya anti-oksidan sanggup menahan Anda alami bermacam penyakit karena pengurangan peranan kognitif, seperti penyakit Alzheimer serta penyakit Parkinson.


4. Tingkatkan peranan kebal badan


Kandung anti-oksidan dalam bawang hitam bisa jaga beberapa sel kekebalan Anda dari kerusakan karena radikal bebas berlebihan. Ini pasti menolong tingkatkan metode kebal badan.


Dengan metode kebal yang bagus, badan Anda akan sanggup menantang bermacam miikroorganisme pemicu penyakit lebih efisien.


5. Jaga kandungan gula darah


Kandung senyawa polifenol, flavonoid, serta antosianin dalam bawang hitam berguna untuk jaga kandungan gula pada darah masih konstan. Disamping itu, satu riset mengatakan jika karakter anti-oksidan dari senyawa-senyawa ini sanggup menahan bermacam kompleksitas karena penyakit diabetes.


Langkah Gampang Memperoleh Faedah Bawang Hitam

Mendapatkan bawang hitam kemungkinan tidak segampang memperoleh bawang putih fresh di pasar. Tetapi, jangan cemas. Anda dapat membuat bawang hitam sendiri di dalam rumah cukup dengan memakai rice cooker. Di bawah ini ialah beberapa jalannya:


- Persiapkan rice cooker serta masukan beberapa biji bawang putih ke dalamnya.

- Mengatur tombol rice cooker ke setel untuk menghangatkan (tidak untuk mengolah).

- Biarkan sepanjang dua minggu dengan temperatur hangat yang tetap berpijar.

- Sesudah dua minggu, mengeluarkan bawang yang telah menghitam dari rice cooker.

Faedah bawang hitam dapat Anda peroleh dengan resiko efek yang termasuk minimum. Sesudah melalui reaksi peragian, bawang hitam bisa langsung Anda konsumsi, atau juga bisa Anda tambah ke dalam sajian yang lain selaku alternatif bawang putih fresh.


Anda dapat konsultasi lebih dulu ke dokter bila masih sangsi untuk menambah bawang hitam ke dalam sajian setiap hari, terlebih bila Anda mempunyai keadaan klinis spesifik. Dengan demikian, dokter dapat merekomendasikan konsumsi yang sesuai keadaan kesehatan Anda.

Postingan populer dari blog ini

Under China's "one nation, 2 bodies" plan, Hong Kong was actually guaranteed it will

Manfaat Kacang Panjang terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa

Academics' issues around UK college management were actually simmering