Hati-hati! Makanan Beku Tidak Bisa Diolah Sembarangan



Tak perlu kembali berbelanja kepentingan dapur setiap hari sebab makanan beku terus siap temani Anda melakukan aktivitas di dapur. Tetapi, Anda harus pahami langkah memproses makanan beku yang betul.


Benar-benar ringkas. Itu keuntungannya beli makanan beku dalam paket atau simpan makanan di freezer. Kapan pun Anda pengin mengolah, makanan beku siap diproses, walau sudah tersimpan beberapa hari.


Makanan beku benar-benar ringkas dipakai. Tetapi banyak yang tidak mengenali langkah memproses makanan beku secara benar. Kekeliruan dalam memproses makanan beku, Anda dapat alami keracunan makanan.


Langkah Mencairkan Makanan Beku


Ada bermacam langkah untuk mencairkan (melunakkan) makanan beku supaya siap dibuat jadi sajian yang sedap.


- Dicelup di air dingin. Makanan beku, khususnya yang ada dalam paket, dapat dicairkan memakai air dingin. Triknya, buntel makanan beku dengan plastik atau paket sampai meeting supaya tidak ada bakteri yang masuk. Selanjutnya, rendam di mangkuk atau panci berisi air dingin sampai betul-betul terbenang seutuhnya. Tukar air tiap 30 menit sampai makanan betul-betul mencair serta siap untuk diproses di dapur. Makanan beku yang dicairkan dengan sistem ini harus selekasnya dibuat.


- Tersimpan di kulkas sepanjang hari. Mencairkan di kulkas benar-benar memerlukan waktu yang lama, tetapi, ini adalah langkah paling mudah serta terhigienis. Perlu waktu sepanjang hari penuh atau bahkan juga lebih buat mencairkan makanan beku seperti daging. Oleh karena itu, Anda harus merencanakannya saat sebelum mengolah. Misalkan, Anda pengin mengolah daging rendang di hari Minggu, satu hari awalnya Anda harus keluarkan daging beku dari freezer, lalu mengalihkannya ke kulkas. Ingat, tempatkan daging beku di rack bawah kulkas supaya cairan daging penuh bakteri tidak berkenaan makanan yang lain. Lewat sistem ini, daging giling, daging untuk sup, unggas, serta boga bahari (makanan laut) harus dibuat paling lamban satu atau 2 hari setelah itu.


lampard bahas tentang transfer havertz - Didiamkan pada suhu ruang. Memproses makanan beku dengan langkah ini condong beresiko. Saat makanan sudah capai temperatur yang lebih hangat dari 4,4 derajat Celcius, bakteri yang kemungkinan ada saat sebelum pembekuan mulai bisa makin bertambah banyak. Walau waktu dicairkan dengan sistem ini sisi tengah makanan masih beku, susunan luar makanan malah bisa ada di "Zone Bahaya", yakni bila temperaturnya di antara 4,4-60 derajat Celcius. Untuk temperatur itu, bakteri akan berkembang biak secara cepat. Makanan yang gampang hancur juga jangan dicairkan pada suhu ruang, dicairkan sama air panas, serta jangan ditinggal untuk temperatur ruang lebih dari dua jam.


- Cairkan dengan Microwave. Pakai sistem ini bila Anda sedang tergesa-gesa mengolah makanan atau pengin selekasnya menyediakan buah-buahan beku untuk dikonsumsi. Microwave benar-benar cepat mencairkan makanan beku, tetapi hasil pencairannya kurang rata. Tidak itu saja, pencairan memakai microwave mempunyai potensi memacu perkembangan bakteri untuk makanan itu. Makanan beku yang dicairkan dengan alat ini perlu selekasnya dibuat.


Perlu Anda ingat, makanan yang sudah mencair, jangan Anda peti-eskan kembali lagi di freezer untuk terlepas dari keracunan makanan. Dianjurkan untuk ambil makanan beku seperlunya untuk diproses, sesaat bekasnya masih ada di freezer. Yakinkan temperatur freezer di titik -18 derajat Celcius atau bisa lebih rendah. Pada suhu itu, perkembangan bakteri untuk makanan akan terhalang. Tetapi saat sudah mencair, bakteri itu akan hidup kembali lagi serta dapat berkembang.


Batasan Waktu Penyimpanan


Proses pembekuan adalah langkah alami untuk mengawetkan makanan. Proses pembekuan bisa jaga makanan masih aman tiada batasan waktu, tetapi bukan bermakna makanan masih mempunyai kualitas rasa serta struktur yang serupa.


Ada banyak hal yang penting Anda kenali mengenai batasan waktu penyimpanan makanan beku, seperti daging giling mentah (3-4 bulan), daging unggas mentah (12 bulan), daging unggas yang sudah dibuat (4 bulan), sup (2 bulan), serta daging mentah saat sebelum dipanggang (4-12 bulan).


Untuk macam makanan yang lain, Anda dapat mencairkannya lebih dulu kemudian mengecek mutunya. Bila penampilannya buruk, tetapi kelihatannya bisa dimakan, bermakna Anda dapat menggunakannya untuk bikin sup. Pakai indera penciuman Anda. Bila telah memunculkan berbau tidak nikmat, lebih bagus taklukkan makanan itu.


Penting untuk Dijumpai


Lihat beberapa hal di bawah ini waktu beli makanan beku atau menyimpan.


- Saat belanja di supermarket, seharusnya counter makanan beku didatangi paling paling akhir saat sebelum bayar ke kasir. Ini dapat membuat makanan minimal masih beku saat sebelum sampai di dalam rumah. Bila sesampainya di dalam rumah makanan telah mencair, jangan memasukkan ke dalam Lebih bagus masak secepat-cepatnya saat lagi fresh atau dibuang.

- Jangan mempeti-eskan kembali lagi makanan beku yang telah dicairkan sebab beresiko tinggi terkontaminasi bakteri makanan yang beresiko atau beracun.

- Makanan mentah serta makanan yang telah dibuat harus tersimpan secara terpisah di almari es. Maksudnya supaya bakteri dari makanan mentah tidak mencemarkan makanan yang sudah

- Terus taruh makanan mentah ke dalam tempat tertutup dibagian bawah freezer supaya tidak ada cairan yang menetes ke bawah serta mencemarkan makanan lain. Waktu beli makanan beku dalam paket, lihat tanggal ka Saksikan juga apa paketannya masih bagus atau mungkin tidak. Bila telah hancur atau sudah terbuka, lebih bagus tak perlu dibeli. Anda bisa juga memberitahu petugas atau penjual supaya singkirkan makanan paket itu supaya tidak berpengaruh jelek untuk customer yang lain.

- Penyimpanan dalam freezer harus Anda lihat. Sedapat mungkin menghilangkan semua udara dalam paket. Sebaiknya untuk mengalihkan isi paket ke tempat tertutup spesial untuk mempeti-eskan makanan.

- Saat mati listrik, jangan buka pintu Diamkan pintu tertutup. Keadaan itu dapat membuat makanan beku dapat bertahan satu sampai 2 hari.


Kunci terjaganya makanan beku ialah alat pendingin. Yakinkan temperatur freezer ada di titik -18 derajat Celcius, sesaat temperatur kulkas di bawah 4 derajat Celcius. Membersihkan freezer setiap satu sampai dua minggu sekali memakai cairan pencuci spesial serta air. Lap cairan atau makanan yang tertinggal untuk freezer atau kulkas secepat-cepatnya untuk menghindar makanan tercemar bakteri.

Postingan populer dari blog ini

Under China's "one nation, 2 bodies" plan, Hong Kong was actually guaranteed it will

Manfaat Kacang Panjang terhadap Ukuran Payudara dan Kadar Glukosa

Academics' issues around UK college management were actually simmering